Search This Blog

2012-04-16

Siti Maryam Berpuasa

Salahsatu Bukti Bahwa Puasa Telah Dilaksanakan Sejak Dahulu

Dalam artikel yang telah lalu, yaitu Anjuran Berpuasa Sebagaimana Orang Dahulu ada dibahas tentang puasa orang dahulu namun tidak tertera kelanjutannya mengenai siapakah orang-orang terdahulu yang berpuasa karena mencari ridha Allah Subhanahu Wa Ta`ala.

Puasa dalam Al-Quran dan injil atau puasa Islam, nasrani dan yahudi merupakan pembahasan yang menarik untuk dikaji karena Islam, nasrani dan yahudi mencatat dalam kitab-kitab ajaran agama mengenai ritual ibadah puasa. Allah mewajibkan berpuasa kepada orang-orang sebelum kedatangan Nabi Muhammad, bertujuan sebagai pembuktian kepatuhan, penyerahan diri dan ketaqwaan.

Bukti kuat didalam Al-Quran tentang berpuasa seperti yang telah diwajibkan kepada umat sebelum umat Islam sekarang ini adalah seperti yang tertera pada Surah Maryam Ayat 26:

Terjemah Surah Mayam Ayat 26

فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنسِيًّا
maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini".
Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

"So eat and drink and be glad, and if you see any human being, say: Verily! I have vowed a fast unto the Most Beneficent (Allah) so I shall not speak to any human being this day."

Yusuf Ali:

"So eat and drink and cool (thine) eye. And if thou dost see any man, say, ‘I have vowed a fast to ((Allah)) Most Gracious, and this day will I enter into not talk with any human being’"

Walaupun dalam puasa yang diamalkan oleh Siti Maryam tersebut bukanlan puasa pada bulan Ramadhan, namun cukup jelas sekali tergambarkan bahwa puasa itu hukumnya wajib untuk diamalkan baik dia pada hari-hari yang telah ditentukan maupun pada nazar serta perjanjian langsung antara Hamba dengan Allah Azza Wa Jalla.
Wallau `A’lam

6 komentar:

  1. benar orang2 beriman sebelum Islam juga telah berpuasa seperti umat muslim

    BalasHapus
  2. trimakasih mas ario dan outbond malang atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam yang senantiasa melindungi maryam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maha Suci Allah yg tlh menganugrerahkan keselamatan kepada HambaNya Siti Maryam.


      trimakasih atas kunjungannya bung Net Since.

      Hapus
  4. Yg jadi siti maryamnya itu namanya siapa ya ? ada yang tau saya kok jd ngefans sama dia he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aha... Saya juga tidak tau namanya, Bung Rifqi. Itu juga cuma ilustrasi aja dan saya lupa dapat gambarnya dari mana :-)

      Nanti kalau saya sudah tau nama dan nomor hape-nya, BUng Rifqi saya beri tau :-)

      Hapus

Copyright © MUSLIM BLOG