1.4.13

Tafsir Surah AlBaqarah Ayat 23 -24 - Buat Satu Surah Semisal Ayat-ayat AlQuran

6 Comments
Al Baqarah 23 وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُواْ شُهَدَاءكُم مِّن دُونِ اللّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang memang benar.(QS. 2:23)

Dalam ayat ini Allah swt. menyatakan, "Jika kamu sekalian masih ragu ragu tentang kebenaran Alquran dan mendakwakan Alquran buatan Muhammad, cobalah buat satu surah semisal ayat-ayat Alquran itu."

Kalau benar Muhammad yang membuatnya, niscaya kamu tentu sanggup pula membuatnya karena kamu pasti sanggup melakukan segala perbuatan yang sanggup dibuat oleh manusia. Ajak pulalah berhala-berhala yang kamu sembah, pembesar-pembesarmu, bersama-sama dengan kamu membuatnya karena kamu mengakui kekuasaan dan kebesaran berhala-berhala dan pembesar-pembesarmu itu.

Kemudian Allah menegaskan, jika kamu benar dalam pengakuanmu itu, tentu kamu sanggup membuatnya tetapi kamu adalah orang-orang pendusta, Alquran itu benar-benar diturunkan dari Allah karena itu mustahil manusia dapat membuatnya.

Ayat ini menunjukkan bahwa Alquran itu adalah mukjizat yang paling besar bagi Muhammad saw.


Al Baqarah 24 فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا وَلَنْ تَفْعَلُوا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

Maka jika kamu tidak dapat membuat (nya)--dan pasti kamu tidak akan dapat membuat (nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.(QS. 2:24)

Ayat ini menegaskan bahwa semua makhluk Allah tidak akan sanggup membuat tandingan terhadap satu ayat pun dari ayat-ayat Alquran. Karena itu, hendaklah manusia memelihara dirinya dari api neraka dengan mengikuti petunjuk-petunjuk Alquran. Hal ini ditegaskan dalam firman Allah swt:

قُلْ لَئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَى أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِ هَذَا الْقُرْءَانِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

Artinya: Katakanlah, "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Alquran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebahagian yang lain." (Q.S Al Isra': 88)

6 comments:

  1. Salam...

    Maaf jika saya komen tidak berpadanan dgn tajuk entri.

    Saya ada baca komen pada blog thesis for blogger...

    Dan terbaca pasal admin dapat selesaikan masalah komennyg tak ada button reply...

    Mohon bantuan...saya seharian suntuk cuba selesaikan...tp masih tidak dapat..

    ini blog saya www.emarieys.com

    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa`alaikumussalam...

      Untuk meng-aktif-kan reply button pada TFB-V2 sila kunjungi: http://yanfizs.blogspot.com/2013/01/reply-button-thesis-for-blogger-v2.html

      Jika masalah tidak terselesaikan, Anda dapat mengirimkan template Anda kepada Saya dan akan Saya edit kan secara percuma :D

      Delete
  2. Assalamualaikum,

    Dapatkan koleksi pakaian muslimah yang menepati syariat Islam dengan harga mampu milik. Muslimah Clothing Couture Your Labuh & Longgar Specialist.

    Blog : http://muslimahclothingcouture.blogspot.com/
    Facebook : https://www.facebook.com/muslimahclothing
    Twitter : https://twitter.com/MCCLabuhLonggar
    Website : http://muslimahclothing.com/
    Keek : https://www.keek.com/muslimahclothing

    Terima kasih. Kami Suka !

    ReplyDelete
  3. Apakah kebenaran Quran mutlak ditentukan dengan pertandingan membuat ayat semisal Quran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tantangan buat orang-orang yang tidak mempercayai keberanaran AlQuran. Dengan ataupun tanpa adanya tantangan tersebut, AlQuran memang benar berasal dari tuhan yang Maha Esa.

      Delete

 
back to top