Search This Blog

2014-01-14

Syahadat Adalah Kunci Syurga

Rukun Islam - Syahadat Dalam Hadits Dan AlQuran

Syahadat adalah ikrar yang diucapkan seseorang sebagai pernyataan kerelaan jiwa dan hati untuk masuk kedalam agama Islam. Syaradat terdiri dari dua kalimat yang saling berhubungan, yaitu persaksian secara lisan serta dengan penuh keyakinan bahwa tidak ada tuhan yang layak disembah selain Allah, dan Muhammad sebagai utusan Allah. Syahadat merupakan rukun Islam pertama, artinya setiap orang yang ingin masuk (beragama) Islam, maka terlebih dahulu wajib mengucapkan syahadat. Syahadat adalah kunci syurga, sebagaimana yang terdapat pada hadits Nabi Muhammad dan ayat-ayat Al-Quran.

Berdasarkan hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, bahwa setiap orang yang mengucapkan syahadat, tidak akan masuk neraka. Dengan kata lain, di akhirat, setiap yang mengucapkan syahadat dengan keikhlasan hati, kesungguhan keyakinan dan juga ketulusan diri tidak akan memasuki neraka, melainkan akan mendapatkan tempat terbaik yaitu syurga.

Hadits Tentang Syahadat

Dari Anas رضي الله عنه bahawasanya Nabi صلی الله عليه وسلم dan Mu'az ada di belakangnya sama- sama menaiki suatu kendaraan.

Beliau صلی الله عليه وسلم bersabda: "Hai Mu'az. Mu'az menjawab: "Labbaik, ya Rasulullah, wa sa'daik," - ini adalah kata-kata mengiyakan bagi orang Arab yang amat sopan sekali.

Beliau صلی الله عليه وسلم bersabda lagi: "Hai Mu'az. Mu'az menjawab: "Labbaik, ya Rasulullah wa sa'daik."

Beliau صلی الله عليه وسلم bersabda lagi: "Hai Mu'az. Mu'az menjawab: "Labbaik, ya Rasulullah wa sa'daik." Tiga kali banyaknya.

Selanjutnya beliau صلی الله عليه وسلم bersabda: "Tiada seorang hamba pun yang menyaksikan bahawasanya tiada Tuhan melainkan Allah dan bahawasanya Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya, dengan penuh keyakinan dalam hatinya, melainkan Allah akan mengharamkan orang itu masuk ke dalam neraka."

Mu'az berkata: "Ya Rasulullah, bukankah lebih baik jikalau berita ini saya kabarkan kepada seluruh manusia, supaya mereka itu ikut bergembira."

Beliau صلی الله عليه وسلم menjawab: "Kalau itu diberitahukan tentu orang-orang akan hanya bertawakal saja - yakni tanpa beramal ibadat dan merasa akan selamat dengan ucapan syahadat belaka dan yang sedemikian tentulah salah jadinya. Oleh sebab itu Mu'az memberitahukan sabda beliau صلی الله عليه وسلم ini sewaktu hendak matinya saja karena takut berdosa."

(Muttafaq 'alaih)

Terjemah Surat Ali Imran Ayat 31

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

Say (O Muhammad r to mankind): "If you (really) love Allah then follow me (i.e. accept Islamic Monotheism, follow the Quran and the Sunnah), Allah will love you and forgive you of your sins. And Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful."

Yusuf Ali:

Say: "If ye do love Allah, Follow me: Allah will love you and forgive you your sins: For Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful."

Terjemah Surah Al-An'am Ayat 101

بَدِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ أَنَّى يَكُونُ لَهُ وَلَدٌ وَلَمْ تَكُن لَّهُ صَاحِبَةٌ وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ وهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai isteri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

He is the Originator of the heavens and the earth. How can He have children when He has no wife? He created all things and He is the All-Knower of everything.

Yusuf Ali:

To Him is due the primal origin of the heavens and the earth: How can He have a son when He hath no consort? He created all things, and He hath full knowledge of all things.

Terjemah Surah Al-An'am Ayat 102

ذَلِكُمُ اللّهُ رَبُّكُمْ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ فَاعْبُدُوهُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيلٌ

(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Tuhan kamu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu.

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

Such is Allah, your Lord! La ilaha illa Huwa (none has the right to be worshipped but He), the Creator of all things. So worship Him (Alone), and He is the Wakeel (Trustee, Disposer of affairs, Guardian, etc.) over all things.

Yusuf Ali:

That is Allah, your Lord! there is no god but He, the Creator of all things: then worship ye Him: and He hath power to dispose of all affairs.

Terjemah Surah Muhammad Ayat 19

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُمْ

Artinya: Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mu'min, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

So know (O Muhammad r) that La ilaha ill-Allah (none has the right to be worshipped but Allah), and ask forgiveness for your sin, and also for (the sin of) believing men and believing women. And Allah knows well your moving about, and your place of rest (in your homes).

Yusuf Ali:

Know, therefore, that there is no god but Allah, and ask forgiveness for thy fault, and for the men and women who believe: for Allah knows how ye move about and how ye dwell in your homes.

Terjemah Surah Al-Hujurat Ayat 14

قَالَتِ الْأَعْرَابُ آمَنَّا قُل لَّمْ تُؤْمِنُوا وَلَكِن قُولُوا أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ وَإِن تُطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ لَا يَلِتْكُم مِّنْ أَعْمَالِكُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Orang-orang Arab Badui itu berkata: "Kami telah beriman". Katakanlah: "Kamu belum beriman, tapi katakanlah 'kami telah tunduk', karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu; dan jika kamu ta'at kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia tidak akan mengurangi sedikitpun pahala amalanmu; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

The bedouins say: "We believe." Say: "You believe not but you only say, We have surrendered (in Islam), for Faith has not yet entered your hearts. But if you obey Allah and His Messenger (r), He will not decrease anything in reward for your deeds. Verily, Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful."

Yusuf Ali:

The desert Arabs say, "We believe." Say, "Ye have no faith; but ye (only)say, 'We have submitted our wills to Allah,' For not yet has Faith entered your hearts. But if ye obey Allah and His Messenger, He will not belittle aught of your deeds: for Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful."

4 komentar:

  1. wah akang, jadi jarang update nih :P

    soal syahadat, ada juga lho di Al-Kitab dulu, hanya saja kemarin 2011 di revisi oleh ketua alkitabel dari vatikan alias oleh paus.

    coba cari yang belum di revisinya, ada di yohanes ayat 3, yang isinya kurang lebih, "Sembahlah Allah Tuhanmu, karena dia satu-satunya Tuhan yang berhak dia sembah, dan Yesus kristus adalah yang Dia (Allah) utus"

    jika di arabkan kurang lebih, Laa ilaha ilAlloh, Isya Rasul Allah

    mampir balik ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he iya, dah lama blog ini gak diupdate :D
      semangat blogging belum pulih mas.

      oh ya.. nanti saya cari deh.

      ok, saya pasti mampir ke downloadsatujari :D

      Hapus
    2. eneng eneng wae tu blogger ...........................

      Hapus
  2. for download satu jari

    emang benar nabi Isa as itu kami akui di agama islam sebagai nabi yang diutus Allah SWT akan tetapi penyempurnaan ajaran itu dibawa oleh nabi terakhir kita bro Muhammad SAW. kalau ente pintar baca surat Maryam di Alquran. dan jika anda jenius anda bisa berbincang ama ahli kitab yang ada di youtube. tapi tentang ajaran shirotul mustaqim ya bro. jangan sesat ah............ udah sanggup bro terima azab dari Allah SWT kalau aq pribadi takut x bro...................

    BalasHapus

Copyright © MUSLIM BLOG