Search This Blog

2015-01-02

Arti Dan Asal Kata Allah

Kajian kata: اللّهِ pada surat Al-Fatihah ayat ke 1


Bacaan dalam tulisan arab latin (A)llâhi

Arti kata اللّهِ Allah [baca juga: Makna Kata Rabb Dalam Al-Quran]


Jumlah pemakaian kata اللّهِ dalam AlQuran dipakai sebanyak 827 kali

Kata اللّهِ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ا ل ل ه

Huruf pertama k1=ا , huruf kedua k2=ل huruf ketiga k3=ل huruf ketiga k3=ه

Jumlah pemakaian pola dasar ا ل ل dalam AlQuran 2704 kali, yang terdiri dari dipakai sebagai nama sebanyak 2704 kali.

Kajian kata اللّهِ ditinjau dari aspek tatabahasa:


1. kata asal : kitab-kitab suci yang terdahulu (lebih dahulu dari alquran) telah menggunakan kata اللّهِ ini. sehingga kata اللّهِ ini lebih dimaknai sebagai kata yang bukan berasal dari bahasa arab, tetapi kata اللّهِ ini telah dijadikan sebagai kata baku yang digunakan pada kitab-kitab suci sebelumnya.

2. tuhan : kata اللّهِ ini untuk menerangkan tuhan yang sesungguhnya, yaitu pencipta, pemelihara seluruh alam semesta. kata ini ini memiliki 99 nama baik atau dikenal dengan asmaul chusna. seluruh yang ada dialam semesta ini setiap saat setiap waktu memiliki keperluan kepada nya. dia lah yang sangat sibuk mengurus seluruh alam semesta.dan semua yang dialam semesta inipun setiap saat dan setiap waktu mensucikan nya,serta dzikir kepada nya.

3. jenis kata untuk nama : kata اللّهِ ini merupakan jenis kata yang tidak ada tasrifannya, karena kata ini lebih mewakili untuk menerangkan nama.

Pemakaian kata dasar ا ل ل ه pada AlQuran

Arti Dan Asal Kata Allah

Banyak ulama yang berpendapat bahwa kata 'Allah' tidak terambil dari satu akar kata tertentu, tapi ia adalah nama yang menunjuk kepada zat yang wajib wujud-Nya, yang menguasai seluruh hidup dan kehidupan, serta hanya kepada-Nya seharusnya seluruh makhluk mengabdi dan bermohon.

Namun ada pula ulama yang berpendapat, bahwa kata 'Allah' asalnya adalah 'Ilaah', yang dibubuhi huruf 'Alif' dan 'Laam' dan dengan demikian, 'Allah' merupakan nama khusus, karena itu tidak dikenal bentuk jamaknya. Sedangkan 'Ilaah' adalah nama yang bersifat umum dan yang dapat berbentuk jamak (plural), yaitu 'Alihah'. Pendapat tersebut seperti ini:

ومعنى الله : الإله، وإله بمعنى مألوه أي: معبود، لكن حذفت الهمزة تخفيفاً لكثرة الاستعمال، وكما في (الناس)، وأصلها: الأناس، وكما في: هذا خير من هذا، وأصله: أخير من هذا لكن لكثرة الاستعمال حذفت الهمزة، فالله عز وجل أحد.

Makna  (asal) Lafdzu Jalalah Allah "Al-Ilah" dan "Ilah" bermakna "Ma'luh" yaitu disembah dan diIbadahi. Akan tetapi dihapus huruf "Hamzah" (dari "Al-Ilah) sebagai bentuk memperingan (ucapan) karena seringnya digunakan.

Sebagaimana kata "An-Naas"  (manusia) Asalnya adalah "Al-Unaas" (hamzah dihapus)

Sebagaimana kata "Hadza KHAIRUN min Hadza" maka aslinya adalah " Hadza AKHYARU min Hadza"

Akan tetapi karena seringnya digunakan maka hamzah dihapus. Maka Allah ‘Azza wa Jalla Maha Tunggal.[Syarh Al-Aqidah Al-Wasitiyah Syaikh Al-'Utsaimin, program maktabah salafiyah - http://muslimafiyah.com/asal-kata-lafdzu-jalalah-allah-beberapa-faidah-bahasa-arab.html]

Samakah Antara Allah Umat Islam Dan Allah Umat Yahudi


Banyak orang kafir yang mengklaim bahwa Allah dalam Islam berbeda dengan Allah yang disembah Ummat Nabi Musa/ Kaum Yahudi, Kaum kafir ingin mengecoh dan mengkaburkan fakta bahwa kata "Allah" adalah kata unik yang sangat khusus dan nama ini hanya diperuntukkan kepala Sang Maha Pencipta dan satu-satu yang wajib disembah serta hanya kepada Allah lah setiap manusia mengabdi sejak zaman dahulu kala, serta setiap nabi pasti memperkenalkan kata "Allah" kepada kaumnya. Seorang Yahudi menjelaskan didalam video bahwa bangsa Yahudipun menggunakan kata Allah:



Sangat jelas terurai bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah hanya satu-satunya tuhan yang benar dan hanya Allah yang wajib disembah oleh manusia.

Berikut ini adalah beberapa link yang mengulas defenisi maupun makna kata Allah:

http://amanhasibuan.blogspot.com/2011/05/arti-allah-swt.html

http://averroescordova.blogspot.com/2010/12/makna-kata-allah.html

http://6erita.blogspot.com/2014/10/siapa-allah-ilah-elohim-yahweh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © MUSLIM BLOG