Search This Blog

2012-04-01

Makna Kata Rabb Dalam AlQuran

Kata ‘Rabb’ dalam Bahasa Arab memiliki makna yang beragam dan unik dalam penggunaannya. Kayanya nuansa makna Bahasa Arab menghasilkan kaedah berbahasa yang bertingkat sesuai dengan kegunaan dan penggunanya.

Makna ar-Rabb secara bahasa [baca juga: Arti Dan Asal Kata Allah]
Ibnu Faris berkata, “Kata Rabb menunjukkan beberapa arti pokok, yang pertama: memperbaiki dan mengurus sesuatu. Maka ar-Rabb berarti yang menguasai, menciptakan dan memiliki, juga berarti yang memperbaiki/mengurus sesuatu.

Ibnul Atsir berkata, “Kata ar-Rabb secara bahasa diartikan pemilik, penguasa, pengatur, pembina, pengurus dan pemberi nikmat. Kata ini tidak boleh digunakan dengan tanpa digandengkan (dengan kata yang lain) kecuali untuk Allah Ta’ala (semata), dan kalau digunakan untuk selain-Nya maka (harus) digandengkan (dengan kata lain), misalnya: rabbu kadza (pemilik sesuatu ini).

Lebih lanjut imam Ibnu Jarir ath-Thabari memaparkan, “(Kata) ar-Rabb dalam bahasa Arab memliki beberapa (pemakaian) arti, penguasa yang ditaati di kalangan orang-orang Arab disebut rabb …, orang yang memperbaiki sesuatu dinamakan rabb …, (demikian) juga orang yang memiliki sesuatu dinamakan rabb. Terkadang kata ini juga digunakan untuk beberapa arti selain arti di atas, akan tetapi semuanya kembali pada tiga arti tersebut. Maka Rabbkita (Allah Ta’ala) yang maha agung pujian-Nya adalah penguasa yang tidak ada satupun yang menyamai dan menandingi kekuasaan-Nya, dan Dialah yang memperbaiki (mengatur semua) urusan makhluk-Nya dengan berbagai nikmat yang dilimpahkan-Nya kepada mereka, serta Dialah pemilik (alam semesta beserta isinya) yang memiliki (kekuasan mutlak dalam) menciptakan dan memerintahkan (mengatur)”.

Berdasarkan uraian diatas, tergambar secara jelas bahwa kata ‘Rabb’ bersifat umum dan global namun dapat juga digunakan sebagai gelar bagi makhluk pada etika penggunaan bahasa secara khusus. Walaupun demikian penggunaan kata ‘Rabb’ tidak dapat diartikan sebagai ‘Tuan’ karena kata ini bersifat khusus bagi makhluk saja dalam ruang lingkup yang sempit. Rabb memiliki pengertian yang lebih luas dan universal dibandingkan ‘Tuan’.

Berikut ini, arti-arti kata Rabb dalam Bahasa Arab:
رب rabbu Rabb
رب rubba Barangkali
رب rabbu Penguasa
رب robbun Tuhan
ربك rabbika Rabb kamu / tuhan kamu / penguasa kamu / pemelihara kamu
برب birabbi Kepada rabb
dan jelas sekali tidak ada satupun arti kata Rabb yang menjadi atau diartikan dengan ‘Tuan’ karena kata ‘Tuan’ dalam Bahasa Arab mengunakan kata: السَّيِّدُ (as-saiyyidu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © MUSLIM BLOG