Search This Blog

2024-01-06

Wanita dan Islam Menurut Kitab Al-Quran

Islam Memuliakan Wanita

Wanita adalah pasangan hidup bagi manusia pria yang diciptakan Allah sebagai pendamping hidup, penerus keturunan dan menjadi sumber ketentraman, kasih, sayang serta penambah rezeki dan kehormatan.

Demikianlah Islam mengagungkan serta memuliakan posisi wanita dalam kehidupan, bahkan Allah secara khusus memfirmankan ayat-ayat Al-Quran kepada rasulNya yang membahas tentang wanita sejak awal, yaitu dalam Surah An-Nisa.

Wanita dan Islam Menurut Kitab Al-Quran

Wanita Sebagai Pendamping Hidup

Dalam Surah An-Nisa' ayat 1, firman Allah memberitakan:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا


"Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada tuhan mu yang telah menciptakan kamu dari jiwa yang satu dan dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasangannya, dan dari keduanya Dia memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (An-Nisa':1)

Sejak awal penciptaan manusia, Nabi Adam dianugrahi pasangan yaitu Siti Hawa yang berasal dari jiwa yang sama. Hal ini berarti bahwa نِسَاءً atau wanita merupakan bagian yang tak terpisahkan dari seorang رِجَال atau pria, sebab keduanya adalah bersumber dari jiwa yang satu. Oleh karenanya Allah meneruskan keturunan manusia sehingga berkembangbiak dan menjadi banyak jumlahnya.


وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Al Rûm [30]: 21)

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ أَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ اللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?.” (QS. An Nahl [16]:72)

هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ

"Mereka (istri-istri) adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.” (QS. Al Baqarah [2]: 187)

Demikianlah Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman tentang wanita dalam Al-Qur'an. Islam memuliakan wanita, sehingga terdapat surah khusus terkait hal tersebut, secara sederhana, dengan uraian singkat, dapat diidentifikasi 5 peran wanita dalam Islam, yaitu: 
  1. Wanita Sebagai Penerus Keturunan
  2. Wanita Sebagai Sumber Ketentraman
  3. Wanita Sebagai Rasa Kasih dan Sayang
  4. Wanita Sebagai Pembuka Pintu Rezeki
  5. Wanita Sebagai Meningkatkan Kehormatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © MUSLIM BLOG