Mengeluarkan Susuk Secara Islami

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah
Susuk adalah sejenis jimat berupa benda-benda berukuran halus dan kecil yang dimasukkan kedalam organ tubuh dengan maksud untuk mendapatkan kekuatan lebih maupun keistimewaan yang bersifat mistis yang berasal dari benda tersebut maupun dari Jin.

1. Hukum Susuk Dan Jimat Dalam Islam
2. Cara Mengeluarkan Susuk Dan Menghapus Dosa Syirik
3. Teknik Ruqyah Untuk Mengeluarkan Susuk Dari Dalam Tubuh

Hukum Susuk Dan Jimat Dalam Islam

Penggunaan susuk adalah haram. Hanya Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Pemilik Kekuatan dan bukan dari benda maupun makhluk yang lemah seperti Jin.


Allah telah mengharamkan kesyirikan sebagaimana tertera dalam AlQuranul Karim:

An Nisaa 48
إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.

Sebuah cara termudah untuk mendapatkan keistimewaan dan kekuatan adalah memohon kepada Allah demikian juga untuk mengobati segala macam penyakit juga bermohonlah hanya kepada Allah.

Dalam sebuah hadits penah dikisahkan tentang penggunaan jimat, sebagai berikut:

حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ الْجَزَّارِ عَنْ ابْنِ أَخِي زَيْنَبَ عَنْ زَيْنَبَ امْرَأَةِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَتْ
كَانَ عَبْدُ اللَّهِ إِذَا جَاءَ مِنْ حَاجَةٍ فَانْتَهَى إِلَى الْبَابِ تَنَحْنَحَ وَبَزَقَ كَرَاهِيَةَ أَنْ يَهْجُمَ مِنَّا عَلَى شَيْءٍ يَكْرَهُهُ قَالَتْ وَإِنَّهُ جَاءَ ذَاتَ يَوْمٍ فَتَنَحْنَحَ قَالَتْ وَعِنْدِي عَجُوزٌ تَرْقِينِي مِنْ الْحُمْرَةِ فَأَدْخَلْتُهَا تَحْتَ السَّرِيرِ فَدَخَلَ فَجَلَسَ إِلَى جَنْبِي فَرَأَى فِي عُنُقِي خَيْطًا قَالَ مَا هَذَا الْخَيْطُ قَالَتْ قُلْتُ خَيْطٌ أُرْقِيَ لِي فِيهِ قَالَتْ فَأَخَذَهُ فَقَطَعَهُ ثُمَّ قَالَ إِنَّ آلَ عَبْدِ اللَّهِ لَأَغْنِيَاءُ عَنْ الشِّرْكِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ قَالَتْ فَقُلْتُ لَهُ لِمَ تَقُولُ هَذَا وَقَدْ كَانَتْ عَيْنِي تَقْذِفُ فَكُنْتُ أَخْتَلِفُ إِلَى فُلَانٍ الْيَهُودِيِّ يَرْقِيهَا وَكَانَ إِذَا رَقَاهَا سَكَنَتْ قَالَ إِنَّمَا ذَلِكَ عَمَلُ الشَّيْطَانِ كَانَ يَنْخُسُهَا بِيَدِهِ فَإِذَا رَقَيْتِهَا كَفَّ عَنْهَا إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيكِ أَنْ تَقُولِي كَمَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذْهِبْ الْبَاسَ

رَبَّ النَّاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Amru bin Murrah dari Yahya bin Al Jazzar dari anak saudaraku Zainab dari Zainab istri Abdullah berkata; Apabila Abdullah selesai dari suatu keperluan, berhenti pada pintu, ia berdehem dan membuang ludah karena khawatir menemukan sesuatu yang tidak berkenan dari kami. Ia melanjutkan; Suatu hari ia datang dan berdehem, ia berkata; Ketika di sisiku ada seorang nenek sedang menjampiku dari humrah (penyakit kulit penyebab demam), lalu aku menyembunyikannya di bawah tempat tidur, ia pun masuk dan duduk di sampingku, ia melihat jahitan di leherku, ia bertanya; Jahitan apa ini? Ia menjawab; Jahitan untuk menjampiku. Ia melanjutkan; Lalu ia mengambil dan memotongnya seraya berkata; Sesungguhnya keluarga Abdullah tidak membutuhkan syirik, aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
Sesungguhnya ruqyah (jampi-jampi), jimat dan tiwalah (pelet) adalah syirik.
Ia (Zainab) berkata; Aku katakan kepadanya; Mengapa engkau mengatakan hal ini padahal mataku pernah sakit. Aku sering datang ke fulan, seorang yahudi untuk menjampinya, dan bila ia menjampinya, sakit itu reda. Ia (Ibnu Mas'ud) berkata; Itu adalah perbuatan setan yang menggerakkan dengan tangannya, bila engkau dijampi dengannya, maka cegahlah. Sesungguhnya cukup bagimu mengucapkan sebagaimana yang diucapkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

"(ADZHIBIL BA`SA RABBAN NASI ISYFI ANTASY SYAFI LA SYIFA`A ILLA SYIFA`UKA SYIFA`AN LA YUGHADIRU SAQAMAN) (Hilangkanlah sakit ini, wahai Rabb sekalian manusia, sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit)."
Gambar Untuk Emas

 

Cara Mengeluarkan Susuk Dan Menghapus Dosa Syirik

Untuk menghapus dosa syirik, maka setiap Muslim dan Muslimat haruslah melakukan:
  1. Taubatan Nasuha yaitu taubat dengan sungguh-sungguh, menyesali perbuatan yang telah dilakukan, tidak akan mengulanginya kembali serta membalas kesalahan tersebut dengan amalan-amalan untuk menggapai ridha Allah dan banyak-banyak juga sering-seringlah memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta`ala.
  2. Bersaksi kepada Allah bahwa hanya Allah saja Maha Kuasa, Maha Pemilik segala kekuatan dan keistimewaan serta sebaik-baik pemberi manfaat; sedangkan benda dan makhluk syirik hanyalah pemberi kemudharatan.

Untuk mengeluarkan susuk yang tertanam dalam tubuh, maka setiap Muslim dan Muslimat haruslah melakukan:
  1. Jika memungkinkan dan tidak akan menimbulkan cedera parah, maka rajah/ sayat/ belah lah bagian pada tempat yang telah disisipkan susuk kedalamnya dan kemudian keluarkan.
  2. Jika susuk sudah larut didalam tubuh dan tidak dapat dideteksi dengan alat raba manusia, maka dapat dilakukan ruqyah (sebaiknya dilakukan sendiri untuk menghindari `aib namun dapat pula dengan mendatangkan ahli ruqyah) dengan membacakan ayat-ayat AlQuran serta dzikir dengan niat untuk mengeluarkan benda tersebut.

 

Teknik Ruqyah Untuk Mengeluarkan Susuk Dari Dalam Tubuh

Penulis telah mengumpulkan beberapa teknik dari berbagai sumber untuk dijadikan metode ruqyah.

Teknik Pertama
Dengan membaca:
Bismillah 3x
Syahadatain 3x
Shalawat 3x
Alfatihah untuk Rasulullah 1x
Alfatihah untuk kedua orang tua 1x
Alfatihah untuk nabi-nabi 1x*
Alfatihah untuk diri 1x
Alfatihah untuk bumi/air/angin/api 1x**
Alirkan kedaerah yang terasa sakit ***

Teknik Kedua
Dengan membaca:
Subhanallahi wabihamdih 100X di air dan meminumnya, dg niat membersihkan semua susuk dan sihir yg ada dirtubuh, insya Allah sirna.

Teknik Ketiga
Dengan membaca:
AlFatihah, AlBaqarah ayat 1-5, 163-164, 255-257, 284-286, setelah selesai berhentilah sebentar.perhatikan keadaan pasien apa ada reaksi atau tidak. Reaksi orang diruqyah ada 2
1.reaksi keras;pasien kesurupan,tubuh bergetar,muntah
2.reaksi lembut atau halus seperti mata mengantuk, jantung berdebar, tubuh terasa panas, ada yg bergerak-gerak didalam tubuh dan lain-lain. Reaksi jenis ini hanya pasien sendiri yang tahu, karena itu jika setelah membaca AlBaqarah tidak ada reaksi keras, tanyakanlah pada pasien apakah mengalami tanda-tanda reaksi halus. Jika ada yang pasien rasa, seperti panas dan lain-lain, tanyakan dimana ia rasakan itu. Kalau tempatnya bukan bagian vital (aurat) pegang tempat itu lalu lanjutkan membaca ayat-ayat ruqyah selanjutnya yaitu Ali Imran 18-19, Al A'raf 54-56, 117-122, Yunus 81-82, Al Mu'minun 115-118, Thaha 65-70, Ash Shaffat 1-10, Al Ahqaf 29-32, Ar Rahman 33-36, Al Hasr 23-24, Al jin 1-9, Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas. Setelah membaca ini di susul dengan membaca doa-doa penyembuh penyakin yang pernah diajarkan Rasulullah.
Jika dibaca berulang-ulang tak ada reaksi baik reaksi keras maupun reaksi halus berarti sudah tidak ada susuk di tubuh pasien.

Link lainnya yang membahas tentang kajian ini:

Related Posts On Obat

40 komentar:

  1. adeh... lebih baik elakkan pakai susuk ni..

    p/s : bro. tumpang tanya.. saya baru dua hari pakai templet thesis ni. cuma saya nak tanya.. masa saya mula2 download templet tu, saya dah buang segala widget2. dah kosong dah kat lay out tu. then, bila saya masukkan coding templet thesis ni, tiba2 muncul pulak widget coding ping carimember.com. saya buat lagi sekali. jadi benda yang sama. muncul pulak widget lain. kenapa ye? adakah ini akan menjejaskan blog dan seo saya??

    yang kedua. saya try check kat seoanalyser. then dekat situ dia ada mentioned "more than h1 tag found" <--adakah ini juga bakal menjejaskan seo saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tu, susuk itu syirik hukumnya dan haram.

      Sepengetahuan saya, template thesisforblogspot ini clean dari sebarang url apapun kecuali pada breadcrumbs.

      Silahkan cari dengan Ctrl+F CERITA KEDAI KOPI | JOMKONGSISTORY.COM - Lelaki Kacak dan replace dengan Nama Blog Anda

      Mengenai hasil test seo analyzer yang menyatakan terdapat h1 lebih dari dua buah, ternyata hasilnya berbeda setelah menggunakan seoanalyzer lain, di seoanalyzer lain hanya terdapat satu buah h1.

      Begitu pula ketika saya periksa secara manual dengan Firebug hasilnya pun hanya ada satu buah h1 baik di homepage maupun di postpage.

      Hapus
  2. haduh dah lama tak onlinse ternyata si abang update juga nih :D hahai.....

    mungkin sebelum saya bisa ruqyah, saya harus di ruqyah terlebih dahulu deh sama ustadz saya >.<

    nice post dah :) | jujur saya sering di ganggu sama jin dan memang saya harus benar2 di Ruqyah karena saya pernah bermasalah dengan makhluk berbeda alam... dan ini sering terjadi :D hahai nekad mode on

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kemarin iseng2 gak ada aktifitas, akhirnya saya posting deh, yah minimal 1 bulan 1 postingan lah :)

      kalo setiap pemuda muslim jadi ustadz dan bisa meruqyah kan lebih mantep lagi ya mas kaze :)

      sebaiknya sih kita2 ini yg harus sering2 mengganggu jin yah gantian lah, jgn mereka terus2an yg mengganggu kita :D

      Hapus
    2. malam aja tadi waktu tidur saya di ganggu >.<

      Hapus
    3. dibales dong mas, balik ganggu dia hehe :-)

      Hapus
    4. assalaamu 'alaykum wa rohmatulloh. akun kak kaze googlenya sering error. begitu juga FBnya sering banned.

      hebat ini postinganya bisa dapat PR 1. amazing

      kapan-kapan mampir ya ke http://downloadsatujari.blogspot.com/2012/12/download-valley-of-wolves-palestine.html

      postingan perdana saya dalam dunia perblogingan. jazakumulloh

      Hapus
  3. Wah boleh juga nih di amalin .. ^_^
    Mending ganteng asli daripada ganteng bikinan... heheee :D
    Salam islam-defenders.blogspot.com....

    OM muslim, tambahin like Fb nya dong spya bisa ter share artikelnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe silakan aja diamalin mas, semoga kita benar2 menjadi khalifah bagi diri sendiri dan hal2 lainnya disekitar kita.

      islam-defenders.blogspot ini versi baru dan versi english ya mas, gimana dengan http://islamic-defenders.blogspot.com? masih aktif gak ya?

      FB Like itu kadang loadingnya berat mas, jadi saya gak pasang tuh widget, kalaupun mau share ya silahkan linknya di copy aja lah :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. hehe :) sambil belajar2 bung, jd saya tulis2 disini, semoga aja bermanfaat.

      Hapus
  5. Semoga kita dan keluarga dijauhi daripada sebarang bentuk syirik...AMinn


    RUMAH UNTUK DIJUAL

    BalasHapus
  6. susuk sememangnya kagak bagus dipake .. kiranya ada jin di dalamnya ya si mas? biasanya si pemake susuk ini diganggu terus .. kagak aman hidupnya gitu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaik-baik penolong hanyalah Allah dan keinginan untuk mendapatkan keistimewaan juga kebaikan dari makhluk maupun benda ciptaan, maka itulah syirik.

      Susuk itu sebenarnya tak ada manfaat apa2 didalamnya, baik dari benda itu maupun dari jin yang berada disekitar benda tu.

      Jin itu makhluk yang lemah, kalau jin ganggu manusia, itu berarti manusia tersebut dalam kondisi lemah; maka, sebaiknya perkuat diri ini :)

      Terimakasih telah berkunjung ya broblogger.net.

      Salam...

      Hapus
    2. owhh begitu yaa .. sememangnya hanya allah hanya tempat kita bergantung .. terima kasih ..

      Hapus
  7. wah posting baru langsung rame pengunjungnya... kereeenn (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah mas... mas... yg ini kan postingan tanggal 22 september :)

      Hapus
  8. Kunjungan perdana........
    Salam kenal ....^_^

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Iya ya, Mas. Terkadang memang menakutkan loh :D

      Hapus
  10. mohon izin mengolah sumber artikel di atas, makasih!
    Tetap saya cantumkan nanti sumber referensinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, Mas Muhammad Adam Hussein.

      Semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  11. jika susuk, jimat, jampi, semua dihukumi sririk jika...." menganggap melebihi kuasa Alloh"
    kalaupun sebagai pelantara.......
    dan tetep mengembalikan semuannya kepada Alloh....
    sah" saja dunk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum saya menjawabnya dengan lebih serius :) , saya ingin sedikit mendapatkan informasi;

      1. Dengan alasan apa, sehingga dibutuhkan perantara antara manusia dengan Allah?

      2. Mengapa butuh perantara, apakah manusia jauh dari Allah atau Allah yang jauh dari manusia?

      Kalau langsung kan lebih enak toh mas :)

      Hapus
    2. Bukan soal sah, mmg tdk boleh Bapak Hasan. Tar Bapak bs tdk pulang ke rumah Allah SWT ktmu kita. Kalau mau pakai perantara pindah agama Buddha saja, byk perantaraNya yg di rupang itu lho. Mau ganteng cntk kan ada resep alami rajin mkn buah dan sayur2an, kulit makin bercahaya, jgn lupa rajin menanam buah, sayur, dan bunga jg biar gak susah di hari tua. Kita belajar kehidupan dr tanah.

      Hapus
  12. kalo ruqiyah tidak mempan/tidak keluar gmn mas ?
    soalnya kasusku seperti itu ...

    maksudnya pelantara itu seperti obat ..hehe

    btw afwan haditsnya riwayat apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadits diatas dikutip dari Musnad Abdullah bin Mas'ud Radliyallahu ta'ala 'anhu dalam Kitab Hadits Ahmad No. 3433 (Lidwa Pusaka)

      Kalau diruqyah oleh manusia, ulama, tabib yang masih mementingkan keduniaan maka hasilnya kurang maksimal. :D

      Cari lah seorang ahli ibadah yang zuhud diberbagai tempat di republik ini, dan insyaAllah sebelum mas gepeng merasa terobati, penyakit itu pun sudah sirna.

      Hapus
  13. Assalamualaikum...
    Maaf sebelumnya saya ada sedikit saran pd blog ini
    alhamdulillah msh banyak yg posting2 masalah islami,
    mudah2an Allah membalas semuanya yg selalu ada di jalannya seperti blog ini, tapi maaf mas, disini adasedikit problem tentang iklan yg tertera di blog ini yg kurang sejalan dengan islami..seperti iklan CHATING...gambarnya kurang sejalan ...sekali lg maaf ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa`alaikumussalam.

      Alhamdulillah iklan-iklan dari Google Adsense tersebut telah dihapus dari blog ini.

      Terimakasih atas perhatian dan saran Saudara.

      Hapus
  14. Salam kenal semuanya,saya ingin bercerita diluar masalah susuk,waktu. Tahun kemarin saya berhaji dengan keadaan saya menderita sakit dimana mata tak bisa melihat sebeelah bekas operasi retina robbek dan rahang yg Bengkak meski keadaan. Saya begini. Kutekadkan berhaji karena panggilan. Alloh. Sewaktu di masjidil harom sewaktu menunggu sholat jumat dipinggir saya ada muslim india dia melihat kearah mata saya dan dia kaya baca baca doa dan mengobati mata Saya pakaai Ludah dan terakhir dia membacaa. Al quran , nah ketika dimina saya merasa keheranan ketika berjalan diterowongan ketika Akan melempar Jumroh badan saya seperti ada yang Mendorong supaya jalan cepat melesat saya keheranaan dan. Tidak cape padahal saya jarang berjalan jauh,siapa kah yg meendorong. Saya? Dan suatu kenikmatan dimana saya perokok ketika merokok di Arafah sebatang garam merah Seperti melayang kaya dekat Dengan Alloh dan surga Padahal di Arab merokok itu haram. Tapi karena kami dari Indonesia sudah terbiasa. Dengaan Merokok jadi tak ada satupun yang melarang,baik di. Hotel Ataupun.dijalan kecuali. Dalam kendaran dan masjid hehe,mungkin yg belum berhaji , ngapain di arofah merokok bukannya berdoa Dan bertobat sebanyakxnya,mmm diarofah orang tak terus menerus berdoa ataupun sholat sunat baahkan sholat wajibpun ada yg dijama,ada. Jeda istirahat tidur. Makan ke. Toilet dan. Bercanda dan ngobrol sesama muslim lain asal larangan haji terjaga dgn baik.nanti orang yg pergi haji ketika di. Arafah. Ketika malam akan melihat Lampu kaya berasap itu Berarti itu tenda yang Didiami orang Indonesia. Dan kata Imam di sana sholat di Masjid disekitar tanah harom Mekah Saama Pahalanya Dengan Sholat Di masjidil Harom , ternyata bekal untuk ke Tanah suci selain uang yg pasti hati kita Ikhlas dan ibadah. Karena Alloh. Serta satu. Hal. Yg. Penting. Kita. Jangan pernah usil pada siapapun di tanah air ,insyaallah disana kita dimudahkan Segalanya,sebagai contoh yg saya lihat disana gerakan sholat berbagai gerak dan gerik bberbeda orang dalam bbelahan dunia yg. Membuat saya kagum dan Heran juga sih baru. Pertama lihat. Kalau diindonesia pasti jadi perdebatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kisah yang sangat menarik Saudara.

      Terimakasih.

      Hapus
  15. Adakah seorang ahli ibadah yang zuhud di negeri ini tolong Info nya agan Agan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini Saya belum bertemu dengan Ahli Ibadah yang zuhud itu dinegeri ini.

      Hapus
  16. Assallmuallaikum wr wb. Pak, Saya pernah memasang susuk, yang dipendam di tubuh dan ada juga yang saya minum, dan sudah cukup lama kira - kira sudah 10 tahun yang lalu. Saya juga sudah melanggar apa yang menjadi pantangannya, kerena saya ingin sekali membuangannya..Karena sekarang saya tau itu ga bermanfaat dan juga itu adalah dosa sangat besar kepada allah. saya sudah coba cara2 yang diatas untuk melunturkan susuk2 saya, tapi allah huallam sudah luntur atau belum pak. dan saya mau bertanya juga pak, apakan ilmu penerawangan itu boleh dalam syariat islam, dan ilmu yang memakai khodam boleh atau ga dalam syariat islam. wasallam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa`alaikumussalam, Saudara Sulaiman.

      InsyaAllah dengan menerapkan metode-metode diatas, susuk yang sudah larut didalam tubuh Saudara akan/ telah hilang.

      Mengenai ilmu penerawangan dan khadam; pada dasarnya menuntut ilmu didalam Islam adalah wajib, dan setiap ilmu/ pengetahuan boleh dipelajari dengan syarat harus diperoleh dengan tata dan cara yang benar dan tidak mensekutukan Allah.

      Banyak sekali guru yang mengajarkan ilmu penerawangan dengan berbagai bacaan selain AlQuran, dengan merajah tubuh, dengan jimat dan jampi-jampi, hal ini adalah haram. Begitu juga halnya dengan ilmu penerawangan yang diperoleh melalui ritul-ritual puasa, semedi yang tidak disyariatkan oleh agama Islam, hal ini juga tidak baik.

      Setiap manusia sudah diberikan khadam/ pendamping oleh Allah, dan khadam tidak lebih hebat dari manusia. Banyak sekali manusia yang menjadikan derajat dirinya rendah karena berharap bantuan dari khadam padahal teman yang paling hebat dan tiada tandingnya hanya Allah saja.

      Ada seorang yang Saya kenal, beliau mendapatkan ilmu penerawangan dan ilmu-ilmu lainnya ditambah bonus rezeki dan taraf hidup yang meningkat drastis hanya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sebanyak 1000 kali setiap harinya serta bermohon kepada Allah agar diberikan ilmu dan kemudahan didalam hidup. Saya sangat sarankan hal ini lah yang Saudara gunakan untuk memperoleh ilmu yang Saudara inginkan.

      Semoga bermanfaat.

      Salam...

      Hapus


Copyright © MUSLIMBLOG
Partners: Tafsir Depag, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Jalalain

Sponsored By: Free For Download Template By: Habib Blog