.

Jumlah Ayat AlQuran

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah Ilmuan dan ulama memiliki pendapat yang berbeda mengenai jumlah ayat dalam AlQuran akan tetapi perbedaan tersebut hanyalah mengenai penomoran dari ayat-ayat yang ada saja. Namun, baik ilmuan dan ulama tersebut sepakat mengenai kandungan dan originalitas dari AlQuran. Selain hal diatas, begitu banyak pembuktian yang meyakinkan bahwa AlQuran tidak pernah berubah dan tidak akan pernah berubah.

Berikut ini adalah beberapa poin mengenai perbedaan pendapat tersebut:

Al Quran Wallpaper - Jumlah Ayat AlQuranBeberapa ilmuan dan ulama memberikan penomoran terhadap suatu kalimat panjang dalam ayat AlQuran menjadi dua atau tiga ayat, sedangkan yang lainnya menentapkan sebuah kalimat yang panjang tersebut sebagai suatu kesatuan ayat.

Salahsatu contoh sederhana, Imam Syafii meyakini bahwa “basmalah” merupakan sebuah ayat yang terkandung dalam surah Alfatihah saja. Sedangkan Imam Hanafi memiliki keyakinan bahwa Alfatihah merupakan satu ayat yang ada pada tiap awal surah terkecuali dalam surah AtTaubah.

Sama halnya dengan huruf-u muqattaa (yaitu kata-kata rahasia Allah yang tertulis pada awal surah-surah tertentu, seperti “Ya sin, ha mim”.); sebagian ilmuan dan ulama menghitungnya sebagai satu ayat dan adapula yang tidak menghitungnya.

Jumlah ayat-ayat AlQuran berdasarkan pendapat dan hitungan ilmuan dan ulama sebagai berikut:

  1. Ibn-i Abbas (ra): 6616 ayat
  2. Nafi (ra): 6217 ayat
  3. Shayba (ra): 6214 ayat
  4. Ulama-ulama Mesir (ra): 6226 ayat
  5. Zamahshari (ra) (seorang ulul albab, cendikiawan, sarjana yang genius dalam bidang literature dan bahasa Arab): 6666 ayat
  6. Bediuzzaman, mujaddid (seorang ulul albab pembawa perubahan) pada abad ke 13, juga berpendapat: 6666 ayat
Ibn-i Huzeyme, seorang Imam Besar, membuat serangkaian penjelasan mengenai pendapat “6666 ayat AlQuran” dengan menyajikannya dalam sebuah buku yang berjudul “An Nasih wa’l Mansuh” guna mengungkap “Quran’s miracle of number” tersebut.

Ada 1000 ayat tentang wa’ad;
Ada 1000 ayat tentang wa’id;
Ada 1000 ayat tentang amr;
Ada 1000 ayat tentang nahy;
Ada 1000 ayat tentang informasi dan kisah-kisah;
Ada 1000 ayat tentang larangan dan contoh;
Ada 500 ayat tentang kekuasaan;
Ada 100 ayat tentang doa dan memuliakan;
Ada 66 ayat nasih and mansuh.
Sehingga jumlah ayat AlQuran menjadi 6666.

Dengan adanya kajian diatas, maka banyak cendikiawan Muslim dan ulama berpendapat bahwa AlQuran memiliki 6666 ayat.

Akan tetapi saat ini format penomoran yang digunakan adalah berdasarkan format Kufa yaitu sejumlah 6236 ayat.


Sumber: http://askaquestionto.us/question-answer/revealedbook/how-many-verses-ayahs-are-there-in-the-quran


Dibawah ini adalah beberapa komentar pada blog lain yang membahas mengenai penghitungan dan penomoran ayat AlQuran.


sumber: http://myislam.blogspot.com/2007/04/ayat-al-quran-bukan-6666-tetapi-6236.html

ven0mday said...

maaf, saya ikut nimbrung, agar wacana tidak deadlock. saya tidak mau ikutan menyalahkan ulama, juga tidak ingin menjelaskan "misteri angka", namun insya allah saya bisa memberi kepastian dan penjelasan tentang kontroversi jumlah ayat. 1. arti "jumlah" dalam bahasa arab tidak sama dengan "jumlah" dalam bahasa indonesia (yang berarti "total", "keseluruhan"). kata "jumlah" dalam bahasa arab terkait dengan "fungsi" dan "penjelasan" tentang suatu maksud. jadi pijakan wacana anda sudah tidak tepat. 2. silakan baca kitab tafsir kiai nawawi al-bantani yang menjelaskan: 


mengapa jumlahnya ada 6666 ayat. angka 6666 itu bukan angka hitungan, melainkan nawawi al-bantani memilah secara tematik ayat-ayat al-qur'an itu, lantas dari masing-masing tema dijumlahkan, hasilnya 6666. karena ayat al-qur'an tidak saling-pisah (kadang satu ayat mencakup 2 atau 3 tema, hasilnya 6666. selisih ratusan ayat dari "angka" yang matematis. bukan hanya nawawi al-bantani yang punya sistematika tematik al-qur'an, ada ratusan mufasir lainnya. dan tetap mengarah ke 6666. pijakan ratusan orang mufasir yang sudah menekuni al-qur'an selama puluhan tahun itu, sungguh berbeda dengan cara orang yang lebih suka "menjumlah" dan mencari "misteri". lain kali, kalau copy-paste pendapat orang ya cantumkanlah sumbernya, ada google dan copyscape yang bisa periksa. jangan gampang menyalahkan ulama. baca kitabnya mungkin lebih bijak. ok, cheers!


ARIEF ANGGRIAWAN said...

Mau ikutan ah,Wahai kawan ,saudara,karib kerabat dan handai taulan orang yang mengatakan bahwa Ulama yang berpendapat tentang ayat alqur'an jumlahnya ada 6.666 ayat di katakan ulama palsu itu perlu belajar agama lebih dalam lagi terutama berakhlaq jangan hanya bisa mencela,ingat kuman di sberang lautan tampak gajah di depan mata tak tampak.


Ayat alqur'an yang di katakan 6.666 ayat itu bukan tidak pakai penyelidikan terlebih dahulu seperti yang di tuduhkan oleh penulis diatas.Paara Ulama itu sungguh lebih jauh tinggi ilmunya daripada kita.Baru menjumlahkan ayat Alqur'an pakai kalkulator saja sudah menganggap seolah-olah sebagai mujtahid kelas wahid.Penulis artikel tersebut hendaknya sedikit berpikir jenius bagaimana dia dapat berpikiran seperti itu.


Berpendapat bahwa ayat alqur'an itu jumlahnya 6.236 ayat itu tidak salah,akan tetapi menyatakan orang yang berpendapat ayat alqur'an berjumlah 6.666 ayat itu ulama palsu,barangkali itu yang kurang waras.


Di dalam ilmu baca Alqur'an di kenal dengan istilah waqaf.Sebagian Ulama berpendapat bahwa waqaf dalam alqur'an itu ada dua yaitu waqaf sughra dan waqaf kubro.Sebagai gambaran sedikit adalah surat Alquraisy yang berbunyi " falyakbudu robba hadzal bait alladzi ath 'amahum min ju' wa amanahum min khouf " ayat ini ada yang berpendapat dua ayat bukan satu ayat.nah dari sini bisa di paham jika ayat ini saja mereka berpendapat dua ayat maka bisa di katakan orang yang menyatakan ayat alqur'an berjumlah 6.666 ayat tidak bisa di katakan salah terlebih menuduh sebagi ulama palsu.Kiranya pembawa artikel tersebut lebih memperdal ilmunya yang sangat dangkal tersebut.Yang perlu sangat untuk di ingat bahwa perbedaan pendapat para ulama adalah rahmat.Orang yang mengakui ayat qur'an berjumlah 6.666 ayat qur'annya sama dengan orang yang berpendapat 6.236 ayat,kenapa kita mesti seperti orang kebakaran jenggot tentang hal ini.sikap yang perlu bagi kita adalah bagaimana menghormati pendapat orang lain.smoga mengobati penyakit hati.


Related Posts On Tafsir

13 komentar:

  1. Assalamu alaikum
    Semoga ummat islam akan selalu terpelihara dari segala sesuatu yg meyebabkan perpecahan,
    Saudara2ku sekalian...mari kita selalu tawaashau bil haq wa tawaashau bishshabri,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa`alaikumussalam Mas Asuhan Alief.

      Amin. Tepat sekali apa yang mas sampaikan; semoga dengan banyaknya perbedaan pendapat akan menambah khazanah ilmu bagi setiap muslim.

      Hapus
  2. saya membutuhkan cetakan alquran versi 6666 ayat, apa ada yg bisa bantu carikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, perusahaan percetakannya dah lama tidak beroperasi, Mas. :D

      Hapus
  3. Kitab wahyu kpd yohanes, kitab trakhir Perjanjian Baru mnuliskan ttg kemunculan antikristus, binatang ( beast) dg lambang bilangannya adl seorg manusia yg bila djumlahkan adl 666, yg kpalanya penuh hujat, mnghujat Yesus & org kudus, & akan dsiksa d neraka selamanya. Nubuatan ini sgt mirip dg muhamad & alquran. Dituliskan jg, pngikutnya mmakai tanda binatang itu d dahi & tangannya. (Mirip noda hitam d dahi muslim & tasbih), org tdk boleh mnjual mmbeli slain yg mmakai lambang binatang itu( makanan yg boleh dijual, obat2,hrs mmakai lambang halal MUI). Bgmana tanggapan anda? Krn memang hny umat islam yg sgt anti pd org kristen, bom gereja& pmbunuhan pendeta, mnunjukkan islam itu antikristus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah dalah piye toh mas, yang menghujat yesus kan temen2 sampeyan jugak toh. Muslim gak pernah mengutuk tuhan sampeyan mas, bener toh :D

      Hapus
    2. Orang kristen seringkali menuduh seseorang sebagai ANTIKRISTUS tanpa dasar yang kuat dengan argumentasi yang (maaf) dangkal!
      Tokoh tokoh yang pernah dicap sebagai anti kristus ini dimulai dari kaisar Nero, Hitler, Muhammad dll, terakhir adalah Saddam Husein .
      Tapi betulkah demikian ? mari kita kupas berdasar bibel sendiri.
      Mari kita awali dulu apa makna ANTIKRISTUS dari segi bahasanya

      Jika kita melihat dalam bahasa Yunani , kata “ANTIKRISTOS”
      ANTI artinya adalah “MELAWAN” atau “PENGGANTI” ,atau “MENGAMBIL TEMPAT ORANG LAIN”atau “NEMESIS”.

      KRISTOS berarti KRISTUS…

      http://r-merah.blogspot.com/2012/05/antikristus-666_23.html

      Hapus
  4. benar sy kok jadi pengen memiliki alquran yg 6666 ayat... msh ada kah arsipnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tau apa masih ada atau sudah tidak ada arsipnya; tetapi bukan berarti yang ulama yang berpendapat bahwa ayat AlQuran berjumlah 6666 itu salah.

      Yang salah menurut pendapat Saya adalah orang-orang yang menghakimi secara sefihak tanpa menelusuri lebih jauh tentang pendapat ulama itu.

      Hapus
  5. di pekalongan di daerah Bismo, Batang
    ada Al Qur'an tulisan tangan yg sudah berumur ratusan tahun
    menurut riwayat adalah tulisan tangan Mbah Bonang yg di simpan di kompleks makam beserta surban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi yang bermanfaat sekali. Terimakasih MAs.

      Hapus
  6. http://www.youtube.com/watch?v=A4JuADeGLcs

    BalasHapus


Copyright © MUSLIMBLOG
Partners: Tafsir Depag, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Jalalain

Sponsored By: Free For Download Template By: Habib Blog